Selasa, 10 April 2012

Sekolah Elektronik


Apa yang kamu alami saat sekolah? Hmm, kamu bertemu teman. Kamu bertemu ibu guru. Kamu membaca buku. Kamu menulis di buku dengan pensil. 

Kamu mengacungkan jari saat bertanya ke ibu guru. Dan jika kamu garuk-garuk kepala saat tidak bisa menjawab pertanyaan, ibu guru pasti tahu.

Oh ya, kamu juga bersuara dan tertawa di sekolah. Itu semua yang kamu lakukan saat belajar di kelas atau sekolah umum. Sekarang ada lho sekolah tanpa kelas. Lho, lho, sekolah macam apa itu? Kok aneh? Itulah sekolah elektronik.

E-LearningNama lain sekolah elektronik adalah e-learning . Tidak ada guru yang bertemu muka dengan murid di sekolah elektronik.Yaps, karena sekolah elektronik dilakukan dari jarak jauh. Jadi, jika kamu kesulitan memahami pelajaran sambil garuk-garuk kepala, guru sekolah elektronik tidak tahu. Hihihi … soalnya, sekolah elektronik memakai komputer!

Anak yang sekolah elektronik harus pandai menggunakan komputer dan internet. Bahan pelajaran sekolah diambil dari program komputer dan internet. Tidak banyak buku cetak yang dibaca. Komputer jadi pengganti buku cetak. Wah, mata harus kuat menatap layar komputer, tuh!
Pertanyaan di sekolah elektronik juga ditulis di komputer. Pertanyaan dikirim lewat internet. Akibatnya, siswa sekolah elektronik harus bisa mengirim dan membuka email.

Enak dan Tidak Enak
Enak enggak ya, belajar di sekolah elektronik? Sekolah elektronik memang berbeda dari sekolah umum. Sekolah elektronik butuh kebiasaan yang berbeda. Misalnya :

1. Mandiri Anak sekolah elektronik harus mandiri. Semangat belajarnya tidak boleh tergantung teman lain. Misalnya, kamu tetap rajin belajar meskipun sahabatmu malas belajar.

2. Rajin Membaca dan Menulis . Tidak ada guru yang bicara di sekolah elektronik. Semua ilmu dibaca sendiri di komputer. Semua pertanyaan diketik lewat komputer. Hebatnya, pertanyaan apa pun dapat dijawab oleh internet di komputer.

3. Suka Komputer . Tentu dong. Kalau tidak suka komputer, mana tahan belajar berjam-jam di komputer.

4. Sendirian . Biasanya murid sekolah elektronik tahan sendirian di depan komputer.

5. Cari Teman . Nah, karena tidak ada teman di sekolah elektronik, maka murid sekolah elektronik harus rajin mencari teman.

Sekolah elektronik dapat dilakukan di mana saja. Kamu bisa belajar di kamar tidur, kamar tamu, atau di taman. Asal ada komputer dan internet. Pelajaran di sekolah elektronik juga tersedia dalam bentuk CD.

Pelajaran sekolah elektronik biasanya sangat menarik. Penuh gambar, kuis, dan permainan. Belajar jadi asyik dan menyenangkan. Contohnya, Microsoft membuat pelajaran tentang antariksa bersama Wall-E.

0 komentar:

Poskan Komentar